Rabu, 23 Desember 2015

Media Online sebagai Media Pemasaran Baru

i era globalisasi ini, dengan kemajuan teknologi informasi komunikasi banyak fenomena-fenomena yang terjadi di dalam masyarakat, salah satu fenomena tersebut adalah munculnya new media, atau yang sering disebut dengan media online. Dimana setiap individu diseluruh dunia dapat melakukan apa saja sesuai dengan apa yang ia inginkan, sehingga di new media ini bisa disebut sebagi dunia kedua dalam kehidupaan si pemakainya, sebagai contoh seseorang dapat berkomunikasi, mencari informasi, memaikan game sesuai dengan dia inginkan atau pun seseorang dapat mengutarakaan isi hati didalamnya.

Salah satu new media yang sering digunakan oleh masyarakat adalah jejaring sosial, adalah suatu wadah dimana setiap orang dapat saling berhubungan atau saling berkomunikasi dan menyampaikan opini mereka tanpa ada yang melarang,  tanpa ada batasan jarak, maupun ruang dan waktu. Jejaring sosial juga dapat membuat pengguna menjadi mengetahui berita atau fenomena yang terjadi lebih cepat dibandinggkan media massa lainnya seperti televisi, maupun media cetak. Contoh jejaring sosial yang sering dipakai diseluruh dunia adalah Face Book, Twitter, Friendster. Salah satu media online lain yang sering digunakan adalah Google, dimana Google ini dapat mencari informasi-informasi secara cepat dan akurat, sehinggia pengguna media online dengan mudah untuk dapat mengetahui sumber informasi apa saja sesuai dengan yang dia inginkan baik itu tentang isu ekonomi, sosial, budaya, dan lain-lain.

Salah satu kelebihan new media ialah  new media dapat mengabungkan perangkat atau unsur-unsur penting dari media massa sebelumnya seperti televisi, media cetak maupun media radio, sehingga new media dapat menampilkan visual seperti radio , dan audio visual seperti televisi serta tulisan di media cetak yang hal tersebut sering disebut dengan konvergensi media, sehingga pesan yang disampikan konvergensi media ini dapat langsung di mengerti oleh pembacanya dan ditemukaannya saling pengertian dan kesamaan informasi. Salah satu kata kunci dalam new media ialah internet, Menurut Severin dan Tnkard (2011: 6), Internet pada dasarnya merupakan sebuah jaringan antar-komputer yang saling berkaitan. Jaringan ini tersedia secara terus menerus sebagai pesan-pesan elektronik, termasuk email, transmisi file, dan komunikasi dua arah antara individu-individu dan komputer.

Dengan adanya internet dan media online, banyak media massa-media besar yang mencoba untuk memperlebar sayap perusahaan dengan membuat media massa di dunia maya, sehingga banyak di temui media massa di dunia maya tersebut seperti seperti milik Kompas Gramedia yaitu  www.kompas.com dan milik Jawa Pos grup yaitu www.jawapos.com. Namun juga banyak media massa baru yang bergerak dimedia masa online seperti www.detik.com dan news.viva.co.id . Salah satu kelebahan media online adalah berita bersifat tepat waktu atau on time sehingga tidak menunggu peroses jurnalistik di media cetak yang harus menunggu di terbitkan atau di cetak dulu setiap pagi di percetakan. Kelebihan lainnya adalah hal ini sama-sama menguntungkan baik bagi penikmat maupun perusahaan media massa itu sendiri, karena apabila masyarakat tidak memiliki jaringan internet, maka masyarakat tetap dapat menikmati berita atau informasi dengan membeli harianya. Sedangkan masyarakat atau individu yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk membeli dan membaca koran, dapat memperoleh informasi yang dibutuhkannya lewat internet yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Menuju dunia global sekarang ini, semua aktivitas kehidupan manusia bersifat praktis. Banyak bermunculnya peralatan-peralatan maupun produk-produk yang sengaja dibuat lebih efisien dan efektif, sehingga manusia sebagai konsumen merasa untuk menggunakan atau mengkonsumsinya. Sekarang terjadi perubahan dalam sistem ekonomi tradisional menjadi sistem ekonomi modern diaman sistem ekonomi berlandaskan pada keingnian pasar. sehingga didalam memperkenalkan produk perusahaan, bukah hanya perusahaan–perusahaan yang bergerak dibidang industri saja yang melakukan promosi, iklan, dan pemasaran secara besar-besaran namun media massa pun juga sudah banyak melakukan atau mengambil strategi-streategi pemasaran secara besar-besaran dan efektif, ini disebabkan karena konsumen semakin mengandalakan iklan dan bentuk promosi lainnya untuk mencari informasi agar dapat memilih apakah peroduk–peroduk tersebut baik dan cocok dipilih sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Iklan dan promosi merupakan hal-hal yang penting baik bagi produsen barang  jasa maupun konsumen, bagi produsen barang dan jasa apabila iklan dan bermacam-macam kegiatan promosi berjalan dengan efektif maka dapat meningkatkan penjualan produk sehangga dapat membuat tujuan utama perusahan menjadi tercapai, dan bagi para konsumen iklan dan  berbagi macam kegiatan promosi dapat membuat konsumen memperoleh informasi tentang produk dengan baik dengan demikian konsumen dapat memilih dengan tepat peroduk apa yang sesuai dengan kebutuhan konsumen tersebut. Namun akhir-akhir ini terjadi beberapa permasalahan-permasalah baru yang membuat berbagai perusahan kewalahan dalam meningkatkan efektifitas dalam memasarkan produk. George dan Belach dalam (Marisson, 2010: 14-15) mengatakan bahwa ciri-ciri utama terjadinya revolusi pemasaran ini antara lain :
  • Adanya Perubahan strategi pemasaran dari beriklan di media massa kepada berbagai bentuk promosi lainnya, khsusnya promosi haraga penjualan.
  • Adanaya kecendrungan untuk tidak lagi terlalu bergantung pada iklan media massa dan beralih pada pemecahan masalah komunikasi.
  • Terjadinya perubahan pengendalian pasar dari produsen kepada pengecer.
  • Penggunaan database marketing yang semakin meningkat.
  • Tuntuan yang semakin besar terhadap biro iklan serta perubahan kompensasi biro iklan.
Media interkatif memungkinnya terjadinya arus informasi timbal balik yang memungkinkan pengguna dapat berpartisi dan memodifikasi bentuk dan isi informasi pada saat itu juga (real time) (Morissan: 24). Dari perkataan Morissan in juga mengambarkan bahwa pemasaraan dimedia online ini juga memiliki kelebihan dibandingkan memasing iklan atau promosi dimedia cetak dan televisi karena apabila memasng iklan dimesia cetak ataupun televisi pesan komunikasi yang disampaikan bersifat satu arah, sedangkan media onlinememungkin terdapat feedback  secara langsung seperti tanya jawab, keluhan atau produk yang diinginkan konsumen secara langsung sehingga terjadi komunikasi antar pribadi. salah satu contohnya seperti www.garuda-indonesia.com milik perusahaan penerbangan Garuda Indonesia, www.indosat.com milik perusahaan yang bergerak dibidang teknologi informasi dan komunikasi, www.toyota.co.id milik perusahaan yang bergerak mobil, www.toshiba.co.id milik perusahaan yang bergerak dibidang teknologi. Namun perusahaan tersebut dalam memasrakan produk tidak hanya dengan membuat situs sendiri, tetapi dengan memasang iklan dan di situs-stus lain seperti blogspot-blogspot yang sering dilihat oleh pengguna internet.

0 komentar:

Posting Komentar